Sabtu, 22 Oktober 2011

= Falsafah Pohon Kelapa

Falsafah moral Pohon Kelapa. Buah kelapa kulitnya yang indah, kuat dan berlapis-lapis melindungi buah dan airnya yang mengandung khasiat yang luar biasa serta mengandung pesan moral yang adiluhung. Minyak kelapa adalah esensi dari kelapa yang dapat digunakan untuk penerangan lingkungan kita.

Pohon kelapa yang berdiri tegak, lurus keangkasa. Tidak ada yang sia-sia pada pohon kelapa, semua bagian pohon kelapa berguna bagi umat manusia. Mengandung falsafah sebaik-baik manusia adalah yang berguna bagi sesama.

Konon saat itu Ki Ageng Giring dan Ki Ageng Pemanahan begitu akrab dengan kelapa. Ki Ageng Pemanahan begitu suka dengan kelapa. Beliau berdua inilah yang merupakan cikal bakal dari mataram.

DIY dan Warga DIY adalah merupakan satu kesatuan seperti Buah Kelapa, kulitnya yang berlapis-lapis kokoh kuat serta buah dan arinya yang berguna bagi tubuh dan kesehatan kita. Warga DIY seyogyanya seperti itu, berjiwa jujur, rendah hati, suka kerja keras, memuliakan sesama manusia dan berguna bagi siapa saja serta berbakti Kepada Yang Maha Kuasa.

Tidak ada komentar: